Sabtu, 31 Desember 2011

Persamaan , Pertidaksamaan Linier dan Grafiknya





Untuk menerangkan persamaan kepada siswa dapat diawali dengan permasalahan permasalaahn, misalnya: 1). Seseorang memiliki tiga ekor sapi perah yang menghasilkan susu yang sama banyaknya setiap hari. Bulan lalu setiap hari ia dapat menjual 4,5 liter susu dari ketiga sapinya. Berapa liter yang dihasilkan dari setiap ekor sapi perah itu? 2). Jika setiap sapi menghasilkan h liter susu, dan bulan ini setiap hari pak Budi dapat menjual 4,8 liter susu, tulislah kalimat terbuka yang berkaitan dengan jumlah susu yang dihasilkan dan banyak sapinya dan sebagainya. 
Sedangkan untuk menerangkan pertidaksamaan kepada siswa dapat diberikan permasalahan, misalnya: 1). Apa arti tulisan maksimum 60 km di tepi jalan? Jika kecepatan kendaraan di jalan itu v km/jam, nyatakan dalam bentuk pertidaksamaannya kecepatan kendaraan di jalan itu! 2). Sebuah iklan menawarkan pekerjaan sebagai SATPAM. Salah satu syaratnya, tinggi pelamar tidak kurang dari 160 cm. Nyatakan hal ini dalam bentuk pertidaksamaan dan sebagainya
Persamaan adalah kalimat terbuka yang mengandung hubungan “ sama dengan “ (“ = “) Sedangkan apabila menggunakan relasi “ < , > , ≤, atau ≥ “ dinamakan pertidaksamaan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar