Jumat, 30 Desember 2011

Kiat Belajar Sukses

Belajar merupakan sesuatu yang menjadi kewajiban bagi semua siswa bahkan semua orang. Tanpa sadar ilmu itu kita peroleh bukan hanya berasal dari sekolah melainkan terdapat disekeliling kita. Masalahnya apakah pembelajaran yang dipaksakan akan menghasilkan ilmu yang bermanfaat. Hal ini sering banyak dialami oleh semua anak, karena belum adanya suatu kesadaran dari seorang anak untuk belajar. Tapi yang menjadi kesalahan yang paling utama adalah sikap Orang tua itu sendiri yang memakasa anaknya untuk belajar. Mengapa? Karena suatu paksaan akan memberikan dampak ketidaksenangan dalu terhadap apa yang dipaksakan, akibatnya anak akan tidak maksimal dalam menagnggapi ilmu pengetahuan tsb. Untuk menghadapi hal semacam ini
1.      Seharusnya para orang tua tidak perlu memaksakan kehendaknya tetapi memberikan motivasi yang mendukung anak melakukan apa yang diingikan oleh orang tua,
2.      Membuat suasana hati anak gembira dulu, dan jangan sekali – kali membuat hati anak tertekan dulu karena itu sangat besar efek dalam penyerapan materi pelajaran.
3.      Membiasakan berdoa sebelum belajar dan makan sebelum belajar.
4.      Apabila saat belajar, anak itu merasa pusing berhentilah sejenak dalam hal ini kegiatan yang dapat dilakukan misalnya sholat sunnah, bermain game ketangkasan, sharing dll.
Semoga apa yang saya ulaskan memberkan sedikt masukan bagi para orang tua dalam menyiapkan anak yang rajin, pintar dan soleh ataupun solekhah. Apabila ada yang kurang saya mohon maaf. Dan apabila ada yang berkenan memberikan masukan saya mengucapkan banyak terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar