Pendefinisian
matematika sampai saat ini belum ada kesepakatan yang bulat, namun demikian
dapat dikenal melalui karakteristiknya. Sedangkan karakteristik matematika
dapat dipahami melalui hakekat matematika.
Hudoyo (1979:96) mengemukakan
bahwa hakikat matematika berkenan dengan ide-ide, struktur- struktur dan
hubungan-hubungannya yang diatur menurut urutan yang logis. Jadi matematika
berkenaan dengan konsep-konsep yang abstrak. Selanjutnya dikemukakan bahwa
apabila matematika dipandang sebagai struktur dari hubungan-hubungan maka
simbol- simbol formal diperlukan untuk membantu memanipulasi aturan-aturan yang
beroperasi di dalam struktur-struktur. Sedang Soedjadi (1985:13) berpendapat
bahwa simbol-simbol di dalam matematika umumnya masih kosong dari arti sehingga
dapat diberi arti sesuai dengan lingkup semestanya.
Berdasarkan uraian di
atas, agar supaya simbol itu berarti maka kita harus memahami ide yang
terkandung di dalam simbol tersebut. Karena itu, hal terpenting adalah bahwa
ide harus dipahami sebelum ide itu sendiri disimbolkan. Misalnya simbol (x, y)
merupakan pasangan simbol “x” dan “y” yang masih kosong dari arti. Apabila
konsep tersebut dipakai dalam geometri analitik bidang, dapat diartikan sebagai
kordinat titik, contohnya A(1,2), B(6,9), titik A (1,2) titik A terletak pada
perpotongan garis X = 1 dan y = 2 titik B( 6, 9) artinya titik B terletak pada
perpotongan garis X = 6 dan y = 9. Hubungan–hubungan dengan simbol-simbol dan
kemudian mengaplikasikan konsep-konsep yang dihasilkan kesituasi yang nyata.
Soedjadi
(2000: 1) mengemukakan bahwa ada beberapa definisi atau pengertian matematika
berdasarkan sudut pandang pembuatnya, yaitu sebagai berikut:
a) Matematika adalah
cabang ilmu pengetahuan eksak dan terorganisisr secara sistematik
b) Matematika adalah
pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi
c) Matematika adalah
pengetahuan tentang penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan.
d) Matematika adalah
pengetahuan fakta-fakta kuantitatif dan masalah tentang ruang dan bentuk.
e) Matematika adalah
pengetahuan tentang struktur-struktur yang logic
f) Matematika adalah
pengetahuan tentang aturan-aturan yang ketat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar